Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022

31 Mei 2022, Kawanaker Hari Tanpa Tembakau Sedunia (Wolrd no Tobacco Day) akan diperingati kembali pada hari Selasa, 31 Mei 2022. Perayaan tahunan sedunia tersebut merupakan bentuk pengingat kepada seluruh publik tentang bahaya penggunaan tembakau, praktik bisnis perusahaan tembakau hingga hak seluruh warga dunia untuk mengklaim kesehatan dan hidup sehat serta melindungi generasi masa depan. Hari Tanpa Tembakau Sedunia setiap tanggal 31 Mei dalam sejarahnya dibentuk oleh negara-negara anggota World Health Organization (WHO) pada tahun 1987 silam untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya yang disebabkan oleh produk tembakau bagi manusia, kesehatan masyarakat, dan lingkungan. Dilansir dari laman UICC, Hari Tanpa Tembakau Sedunia bertujuan untuk menarik perhatian pada praktik bisnis perusahaan tembakau untuk menangkap generasi konsumen dan campur tangan mereka dalam keputusan kebijakan yang merusak pengendalian tembakau yang efektif. 

Tidak hanya itu, WHO semenjak penetapan hari tersebut juga melakukan beberapa penetapan resolusi terkait bahaya penggunaan tembakau. Dilansir dari laman World Health Organization, Majelis Kesehatan Dunia pada tahun 1987 mengeluarkan Resolusi WHA40.38, menyerukan 7 April 1988 menjadi “Hari Tanpa Rokok Sedunia.” Kemudian, Majelis Kesehatan Dunia pada tahun 1988 juga kembali mengeluarkan Resolusi WHA42.19 yang selanjutnya disahkan.

Resolusi ini yang menyerukan perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia setiap tahun pada tanggal 31 Mei. Menurut catatan dari WHO, dampak berbahaya dari industri tembakau terhadap lingkungan bersifat luas. Berikut ini beberapa fakta yang dikeluarkan oleh pihak WHO terkait dampak industri tembakau bagi lingkungan: 600 juta pohon ditebang untuk membuat rokok; 84 juta ton emisi CO2 yang dilepaskan ke udara meningkatkan suhu global; 22 miliar ton air digunakan untuk membuat rokok; Tembakau membunuh lebih dari 8 juta orang setiap tahun.

Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 ialah “Protect the Environment”. Tema ini berfokus kepada dampak tembakau terhadap lingkungan dan bertujuan untuk mengekspos upaya perusahaan tembakau untuk “greenwash” reputasi mereka dengan memasarkan produk yang ramah lingkungan. Tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2022 sebenarnya berdasar pada puntung rokok yang dibuang dan menjadi sumber polusi plastik pertama di dunia. Tidak hanya itu, penggunaan pestisida untuk menanam tanaman tembakau, penggundulan lahan, serta penggunaan air dalam jumlah besar juga merusak ekosistem dan mengurangi ketahanan iklim.

Share #infonakerpmptsp
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x