DINAS TENAGA KERJA, PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MALANG

BeritaInfo PublikInfo Tenaga Kerja

5 Tips Cerdik Mencari Pekerjaan Baru

6 Juli 2020, Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi kehidupan seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia. Tak hanya memberi dampak pada kesehatan fisik dan mental saja, tapi pandemi juga menyebabkan menurunnya perekonomian. Banyak sekali perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan secara dratis. Kondisi tersebut memaksa perusahaan untuk mengambil langkah akhir, yaitu memutus hubungan kerja dengan para karyawannya alias melakukan PHK. Ketika mengalami keadaan seperti ini, memulai bisnis baru mungkin dirasa belum memungkinkan. Sehingga, cara lain yang bisa dilakukan adalah mencari pekerjaan baru. Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan baru di tengah pandemi, berikut ini 5 tips cerdik yang dapat kamu terapkan.

1. Lakukan Riset

Sebagian besar perusahaan melepas pekerja, tapi sebagian lainnya justru ada yang mencari karyawan baru. Seperti beberapa sektor usaha misalnya  teknologi, keuangan, bimbingan online, toko kelontong, layanan pengiriman dan produsen alat pelindung. Untuk mencari pekerjaan baru, kamu bisa melakukan riset perusahaan terlebih dahulu, bisa juga melakukan riset pada perusahaan pada bidang- bidang yang sudah disebutkan di atas. Kamu dapat mengakses situs- situs yang memiliki informasi lowongan pekerjaan.

2. Cari Informasi

Kamu dapat mengobrol dengan teman-temanmu ataupun orang yang bekerja di perusahaan tujuanmu yang bekerja di bidang yang kamu inginkan. Cara ini dapat memberikan berbagai informasi penting untukmu. Kamu dapat menyiapkan sejumlah pertanyaan menarik, seperti menanyakan keuntungan yang didapat selama bekerja, masalah di departemen yang perlu dipecahkan, hingga siapa saja yang perlu diajak mengobrol untuk mendapat informasi lebih banyak.

3. Evaluasi Kembali CV

Sembari menunggu kabar dari perusahaan tujuanmu, terus ajukan lamar di perusahaan lainnya dan lakukan evaluasi. Evaluasi kembali surat lamaran dan CV. Kemudian, cek lagi posisi dan perusahaan yang kamu tuju. Apakah posisi tersebut sudah sesuai dengan kemampuanmu? Apakah CV kamu sudah menarik? Apakah surat lamaran sudah menjabarkan pengalaman yang relevan dengan kebutuhan perusahaan? Dan lain sebagainya. Langkah ini dapat memudahkanmu untuk memilih perusahaan dan bidang pekerjaan yang benar- benar sesuai dengan kemampuanmu. Sehingga, nantinya kamu lebih mudah untuk mendapat pekerjaan baru

4. Berikan Kata Kunci Remote Friendly 

Selama pandemi, kegiatan bekerja tidak harus selalu dilakukan di kantor. Jadi, sangat penting untuk menunjukkan bahwa kamu mampu bekerja remote atau jarak jauh. Kamu dapat menyebutkan teknologi yang kamu kuasai untuk mendukung kerja remote seperti aplikasi GotoWebinar, Zoom, atau Google Meet. Dan sertakan pula pengalamanmu menggunakan teknologi tersebut serta kemudahan yang didapatkan. Lalu, sertakan pula soft skill untuk mendukung kerja remote seperti manajemen waktu atau komunikasi yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa kamu bisa tetap produktif meskipun bekerja dari rumah.

5. Pantau Media Sosial 

Survey dari Jobtive menunjukkan bahwa sebanyak 58 persen perekrut menggunakan media sosial, seperti Facebook, LinkedIn, dan Instagram untuk mempromosikan perusahaan mereka sekaligus mencari karyawan baru. Kamu bisa terhubung dengan perusahaan tujuan dengan memantau media sosial mereka. Dengan begitu, kamu dapat mempelajari budaya perusahaan, membagikan informasi yang diunggah, hingga berkomentar terkait topik yang sedang dibicarakan. Jika kamu aktif, maka bukan tidak mungkin perusahaan tersebur tertarik padamu.

Nah, itulah kelima tips cerdik untuk mencari pekerjaan baru di tengah pandemi. Coba terapkan kiat- kiat di atas ya, agar usahamu dalam mencari pekerjaan bisa semakin mudah, Selamat mencoba.red

About author

Articles

dinas tenaga kerja, penanaman modal, dan pelayanan terpadu satu pintu kota malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *