DINAS TENAGA KERJA, PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MALANG

BeritaInfo BerusahaInfo Investasi

Presidensi G20

18 Februari 2022, Kawanaker Presidensi Group of Twenty (G20) merupakan forum kerjasama multilateral yang beranggotakan 19 negara utama dan Uni Eropa, dimana tahun ini, Indonesia menjadi tuan rumah dari forum tersebut. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kepala negara dan pemerintahan G20 ke-17 akan berlangsung pada 15-16 November 2022 di Bali.

Apa itu G20 Indonesia?

G20 sendiri adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara dan satu kawasan ekonomi, Uni Eropa. Dikutip dari laman Bank Indonesia, G20 merepresentasikan lebih dari 60 persen populasi bumi, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Siapa saja anggota G20? 

Anggota G20 yaitu Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Turki, dan Uni Eropa.

Indonesia adalah negara dengan posisi strategis. Dalam 20 tahun terakhir hingga sebelum pandemi, pertumbuhan ekonomi Indonesia selalu di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi global. Hal inilah yang membuat Indonesia masuk ke dalam kelompok G20 dan bahkan di 2022 menjadi Presidensi G20.

Tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, dan inklusif. Hal ini terbukti dari G20 yang merangkul negara-negara di dunia, baik negara maju maupun berkembang untuk bersama-sama mengartasi krisis, terutama di kawasan Asia, Amerika Latin, dan Rusia.red

About author

Articles

dinas tenaga kerja, penanaman modal, dan pelayanan terpadu satu pintu kota malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *