DINAS TENAGA KERJA, PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MALANG

Berita

Hari Air Sedunia 2022

30 Maret 2022, Kawanaker Hari Air Sedunia atau World Water Day diperingati setiap tanggal 22 Maret. Tema Hari Air Sedunia 2022 adalah “Air tanah-Membuat yang tak terlihat, terlihat”. Sejarah, Tema, dan Masalah Air Selama Pandemi Sejarah Hari Air Sedunia Dilansir dari laman Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), ide Hari Air ini dimulai pada 1992, saat Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lingkungan dan Pembangunan di Rio de Janeiro. 

Pada tahun yang sama, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengadopsi resolusi yang menyatakan tanggal 22 Maret setiap tahun sebagai Hari Air Sedunia. Peringatan pertamanya pun dilakukan setahun berikutnya, yaitu pada 1993 dan terus dirayakan hingga hari ini. Kepedulian terhadap masalah air ini terus berkembang dalam kegiatan lainnya. Seperti Tahun Kerja Sama Internasional di Bidang Air pada 2013 dan Dekade Aksi Internasional tentang Air untuk Pembangunan Berkelanjutan yang dimulai pada 2018 sampai 2028 mendatang. 

Tindakan ini dilakukan, karena negara anggota PBB percaya bahwa air dan sanitasi adalah kunci untuk pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan kelestarian lingkungan. PBB Ajak Semua Orang Bantu Sesama Akses Air Bersih Hari Air Sedunia 2022. Dikutip dari worldwaterday.org, air tanah tidak terlihat, tetapi dampaknya terlihat di mana-mana. 

Disebutkan bahwa di luar pandangan, di bawah kaki kita, air tanah adalah harta terpendam yang memperkaya hidup kita. Hampir semua air tawar cair di dunia adalah air tanah. Saat perubahan iklim memburuk, air tanah akan menjadi semakin kritis. Karena itu diperlukan bekerja sama untuk mengelola sumber daya yang berharga ini secara berkelanjutan. “Air tanah mungkin tidak terlihat, tetapi tidak boleh hilang dari pikiran,” tulis laman World Water Day. 

Masalah air selama pandemi Selama pandemi Covid-19, semua orang dianjurkan untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan rajin cuci tangan. Kebersihan tangan sangat penting untuk menahan penyebaran Covid-19, serta penyakit menular lainnya. Akses air bersih otomatis menjadi kunci penting untuk mencegah penularan virus corona yang jadi penyebab Covid-19. Akan tetapi, berdasarkan data dari PBB melalui Sustainable Development Goal 6, 40 persen orang dari populasi di dunia atau sekitar 3 miliar orang tidak memiliki fasilitas untuk mencuci tangan dengan air dan sabun. Nah itulah sejarah, tema, dan peringatan Hari Air Sedunia atau World Water Day yang diperingati setiap tanggal 22 Maret. 

About author

Articles

dinas tenaga kerja, penanaman modal, dan pelayanan terpadu satu pintu kota malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *