DINAS TENAGA KERJA, PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA MALANG

Berita

Selamat Hari Korpri

29 November 2022, Kawanaker sejarah peringatan HUT KORPRI 2022 adalah sesuai dengan tanggal berdirinya KORPRI pada tanggal 29 November 1971. Hal ini berdasarkan Keppres Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Selama Orde Baru, KORPRI dijadikan alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa waktu itu. Namun sejak era reformasi, KORPRI berubah menjadi organisasi yang netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Jauh sebelum itu, melansir situs resmi KORPRI, latar belakang sejarah KORPRI sangatlah panjang. Pada masa penjajahan Belanda, banyak pegawai pemerintah Hindia Belanda berasal dari kaum bumi putera. Namun kedudukan pegawai merupakan kelas bawah. Pada saat peralihan kekuasaan Belanda kepada Jepang, secara otomatis seluruh pegawai pemerintah eks Hindia Belanda dipekerjakan oleh pemerintah Jepang sebagai pegawai pemerintah.

Setelah kemerdekaan Indonesia dan berdirilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), seluruh pegawai pemerintah Jepang secara otomatis dijadikan sebagai Pegawai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setelah pengakuan kedaulatan RI tanggal 27 Desember 1949, seluruh pegawai RI, pegawai RI non Kolaborator, dan pegawai pemerintah Belanda dijadikan Pegawai RI Serikat.

Melalui sejarah panjang, hingga akhirnya pada 29 November 1971, KORPRI berdiri berdasarkan Keppres No. 82 Tahun 1971 tentang KORPRI yang ditetapkan oleh Presiden RI Soeharto. Tahun ini, HUT KORPRI 2022 bertepatan pada Selasa 29 November 2022. HUT KORPRI tahun 2022 adalah peringatannya yang ke-51 tahun.

Dalam rangka memperingati HUT ke-51 KORPRI tahun 2022 pemerintah telah merilis tema dan logo peringatannya. Melansir situs resminya, peringatan HUT ke-51 KORPRI mengusung tema HUT KORPRI 2022 adalah “KORPRI Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri”. Tema tersebut bermakna harapan para anggota KORPRI tetap bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sebagai prasyarat pembangunan nasional.

Adapun berdasarkan Surat Edaran terbaru KORPRI, rangkaian kegiatan HUT ke-51 KORPRI tahun 2022 adalah meliputi:

  • Kegiatan doa untuk bangsa dan atau upacara bendera pada tanggal 29 November 2022
  • Kegiatan bakti sosial terutama donor darah dan pemberian bantuan sosial
  • Kegiatan olahraga tema HUT KORPRI 2022
  • Kegiatan rohani, pertemuan ilmiah dan perlombaan.
  • Untuk turut berpartisipasi dalam peringatan HUT ke-51 KORPRI tahun 2022, tema dan logo HUT KORPRI 2022 dapat digunakan untuk menyemarakkan peringatannya pada tanggal 29 November 2022.
About author

Articles

dinas tenaga kerja, penanaman modal, dan pelayanan terpadu satu pintu kota malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *