Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2021, Kawanaker Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 jatuh pada tanggal 31 Mei. Sejarah peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia dimulai dari tahun 1987, ketika dunia mulai menyadari bahaya rokok. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) jadi penggagas Hari Tanpa Tembakau Sedunia untuk meningkatkan perhatian dunia terkait ancaman tembakau yang memicu penyakit dan kematian. Tujuan utamanya adalah untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan generasi mendatang.

Dalam ajang pertemuan World Health Assembly tahun 1987, awalnya ditentukan peringatan “Hari Tanpa Rokok Sedunia” tiap 7 April yang kemudian menjadi “Hari Tanpa Tembakau Sedunia” tiap 31 Mei. WHO mengatakan tema Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 adalah “berhenti merokok dengan komitmen”. WHO meluncurkan berbagai kampanye dengan target bisa membantu 100 juta orang berhenti merokok lewat berbagai inisiasi.

“Pandemi COVID-19 sudah membuat jutaan pengguna tembakau ingin berhenti merokok. Hampir 60 persen perokok di dunia mengaku ingin berhenti, tapi hanya 30 persen dari populasi yang memiliki akses terhadap layanan berhenti merokok,” tulis WHO seperti dikutip dari situs resminya pada Senin (31/5/2021).

“WHO meluncurkan kampanye global dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 dengan slogan ‘berhenti dengan komitmen’. Targetnya membantu 100 juta orang berhenti memakai tembakau lewat berbagai inisiasi dan alat digital,” lanjut WHO.red

Share #infonakerpmptsp
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x